Anak Balita, Bayi, dan Mobil Penumpang

Amat sangat jarang tamu Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya menyewa mobil dengan membawa anaknya. Karena rata-rata penyewa mobil di tempat kami adalah untuk kepentingan bisnis atau rekanan dan berkunjung ke sanak kerabat. Tapi sangat jarang tentu bukan berarti tak ada sama sekali. Karena faktanya masih ada beberapa penyewa yang mempunyai anak dan membawanya serta pada hari H-nya.

Baik membawa anak atau tidak, Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya selaku pemilik dari jajaran armada mobil ini hanya mengingatkan bahwa mobil tersebut disewa secara standar seperti adanya, dimana di dalam armada Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya tersebut hanya ada jok mobil standar pula seperti yang ditemui pada taksi yang menggunakan MPV. Jadi jikalau penyewa tersebut membawa anak kecil, tentunya harus selalu dalam pengawasan penyewa tersebut. Karena sabuk keselamatan yang ada pada jok tidak dikhususkan untuk anak kecil. Meski di masa inipun kita tak perlu cemas karena cukup banyak juga yang menjual Safety Baby Car Seat yang bisa dilipat dan dipindahkan serta diikat pada bagian belakang jok.
 
Hanya, Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya pun tidak menyediakan Safety Baby Car Seat ini pada tiap penyewaan yang berkaitan dengan anak kecil/bayi/balita; dan fitur tersebut tentu bisa Anda beli sendiri yang lebih pas dengan postur tubuh anak Anda yang nantinya bisa langsung dipasang pada jok mobil.

Tentang kursi khusus bayi ini saja juga mempunyai aturan khusus yang mesti dipahami oleh konsumen tersebut. Seperti Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya mengutip pada laman berikut: http://www.alodokter.com/kesalahan-umum-saat-memasang-kursi-khusus-bayi-di-mobil; yang salah satunya adalah tidak menempatkan posisi bayi/anak di bagian depan, melainkan ditempatkan kursi bayi tersebut pada bagian tengah di kursi belakang. Mengapa diletakkan pada bagian tengah yakni disebabkan pada umumnya kursi tengah tidak berhadapan langsung dengan kursi depan atau airbag yang malah akan membahayakan bayi atau anak kecil. Hal senada juga diungkapkan lewat artikel berikut: http://www.otosia.com/tips/anak-duduk-di-depan-itu-berbahaya.html.

Ketika Anda mempunyai Safety Baby Car Seat, pemasangan tali yang ada pada perangkat tersebut pun hendaknya diperhatikan supaya pas, apalagi saat akan menempuh perjalanan jauh. Meski menumpang mobil MPV seperti barisan armada Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat agaknya relatif lebih aman ketimbang membawa bayi pada saat bersepeda motor.
Di sisi lain, yang patut menjadi catatan orang tua adalah tak semua mobil mempunyai kursi tengah (pada umumnya, yang ada malah perpanjangan dari kursi samping) dan akan sangat dibutuhkan peran orang tua atau wali yang mendampingi anak tersebut di sebelahnya, agar tidak mengganggu operasional sopir saat bertugas.

Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya
 juga menemukan beberapa tautan mengapa mobil umumnya kurang cocok untuk anak-anak (mungkin minimal 6 tahun sebelum bisa naik mobil biasa), misalnya pada artikel berikut yang menyebutkan bahwa seorang anak bisa jadi akan terlalu pendek untuk dapat dilindungi oleh airbag samping: http://www.otosia.com/berita/airbag-samping-tak-lindungi-anak-kecil.html. Terkadang, orangtua di masa lalu malah menempatkan anak kecil berhadapan pada pangkuan (posisi memeluk) yang kemudian diikat dengan selendang, dan dirangkap dengan sabuk pengamannya. Namun hal ini pun rasanya hanya bisa nyaman jika ibu/orangtua tersebut tergolong berperawakan kecil hingga sedang.

Teknologi memang terus diperbaiki dan disempurnakan. Bahkan tak hanya ditujukan untuk orang dewasa normal; namun juga diharapkan menjangkau anak kecil serta para difabel. Jika belum ada penemuan untuk satu hal seperti ini pun, mungkin akan menjadi peluang bagi mereka yang peka.
 
 
 
*** 
Keterangan gambar:  balita yang tidur di jok mobil. sumber: pixabay/rhonda_jenkins.