Warna-Warni Di Sekitar Kita

Lingkungan yang berwarna-warni sungguh menarik bagi siapa saja yang memandangnya, karena itu pemkot berbagai kota melengkapi kotanya dengan berbagai taman pohon dan bunga yang menyegarkan mata sebagai sarana rekreatif supaya menghindarkan warganya dari stres karena tekanan hidup. Warna-warni buah pun akan sangat menarik di pasar-pasar, karena itu stan buah menjadi salah satu yang banyak dikunjungi disebabkan tampilannya sekaligus kebutuhan masyarakat akan buah-buahan.

Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya menjumpai tembok-tembok banyak daerah di Surabaya telah memperoleh sentuhan 'mural' yang terkadang merupakan hasil kerja 'sukarela' dari para penggiat mural. Meski terkadang hal ini dianggap ngawur karena beberapa tanpa seizin pemkot atau pengelola instalasi/infrastruktur kota, namun warna-warni yang ditonjolkan tersebut masih dinilai lebih baik ketimbang coret-coret ala grafiti dengan pelaku member geng yang ingin menunjukkan eksistensinya di jalanan. 

Dewasa ini pun ternyata ada keinginan untuk menjadikan tempat kumuh menjadi lebih menarik, yang pertama kali dilakukan di kampung kawasan Jodipan Malang lewat Kampung Wisata-nya: http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/10/161016_majalah_kampung_warna_warni_malang. Ide tersebut digagas oleh sekumpulan mahasiswa bekerja sama dengan pabrik cat dengan program CSR (corporate social responsibility)-nya, yang berniat memberikan 'nilai lebih' dari sekadar yang terlihat yakni kekumuhan, dan kebiasaan buruk warga yang menggunakan sungai untuk membuang sampahnya.
Dari beberapa sumber lain, Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya juga mengetahui bahwa awalnya kampung ini akan menjadi target penggusuran dikarenakan perilaku warga yang jorok dan kurang dalam hal sanitasi. Hanya hal ini kemudian diurungkan dan justru menetapkan bekas pemukiman kumuh tersebut menjadi kampung wisata. Kampung ini tak terlalu menyolok jika dilihat dari jalan, karena letak kampung itu meski di pinggir jalan namun mayoritas bangunannya malah berada masuk dan harus ditapaki dengan berjalan kaki ke bawah disebabkan jalanannya memang terlalu sempit untuk dimasuki mobil. Lagipula jika ingin menikmati penampilan atau berfoto-foto pada Kampung Wisata tersebut dari sisi jembatan pun harus parkir mobil tak jauh dari sana, karena tentu dilarang berhenti di jembatan disebabkan jalanan tersebut memang termasuk area padat.

Yang menggembirakan dari Kampung Wisata tersebut adalah kebiasaan kumuh dari warga mulai berubah dikarenakan malu akibat banyaknya pengunjung dari luar (tempat dan kota) yang datang. Perekonomian di daerah tersebut pun meningkat dikarenakan warga yang memutuskan berjualan sesuatu semacam snack, makanan atau suvenir untuk pengunjung.
Ide Kampung Wisata warna-warni ini kemudian menjadi viral dan banyak diikuti di kota lain. Jadi Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya sekarang tak hanya menemukan warna-warni cat pada hunian di kompleks perumahan saja, namun juga di perkampungan (yang tadinya kumuh) milik warga. Kampung kumuh lain yang memperoleh 'sentuhan' adalah daerah bantaran Kali Code Jogja: http://www.mongabay.co.id/2016/05/13/kala-warga-menata-kampung-di-bantaran-sungai-yogyakarta/.

Perekonomian pun menjadi berputar di wilayah-wilayah yang tadinya tidak terpikirkan untuk 'dijamah'. Setidaknya Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat bisa menjangkau beberapa perkampungan warna-warni yang semakin marak terlihat karena sentuhan seni pada kampung tersebut, bila Anda berniat mengunjungi kampung-kampung tersebut untuk sebuah kepentingan atau bila malah berkeinginan membangun tempat-tempat tersebut lebih baik lagi :)

Salah satu kampung warna-warni yang ada di Surabaya dan menjadi sorotan adalah eks lokalisasi Dolly dan jarak yang menjadi kampung mural di Surabaya: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3320563/eks-lokalisasi-dolly-dan-jarak-jadi-kampung-mural. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengubah citra buruk masa lalu dari tempat ini menjadi lebih bermartabat. Salah satunya adalah dibuatnya banyak sentra kerajinan untuk pemberdayaan, serta mengubah 'penampakan' dengan cara menghiasinya dengan mural. Tak jauh dari Kampung Dolly atau jarak (karena masih satu kota) juga ada Kampung Warna-warni di Kenjeran Surabaya: http://suroboyo.id/instagramable-kampung-warna-warni-surabaya-kenjeran/. Tak hanya sekadar cat, warna-warni tersebut bisa mendorong masyarakat untuk menjaga kebersihan dan disiplin; sesuai yang dipaparkan pada paragraf sebelumnya. Disamping itu, para pemilik rumah atau pengurus kampung tersebut rasanya juga akan mempertahankan kondisi tersebut demi tetap menarik bagi pengunjung; jadi mereka pastinya akan merawat apa yang mereka punya dengan sebaiknya.

Masih di Jawa Timur, warna-warni juga menyentuh perkampungan lain. Bahkan diantaranya masih ada bangunan gedeg (terbuat dari bambu): https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3486726/komunitas-mural-percantik-kampong-pulau-santen-banyuwangi. Eksotis ^_^
Nampaknya ada hubungan mutualisme antara seniman mural untuk wadah ekspresinya dengan pemilik bangunan. Sebagai informasi, seniman mural tersebut berasal dari Surabaya juga lho. Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya mempunyai satu referensi yang berkenaan tentang ini: Seni dan Jalanan.

Sementara, dunia di luar Jawa Timur juga tertarik dengan warna-warni. Setidaknya jika kita membaca tautan sebelumnya, para seniman mural dari Surabaya tersebut pernah berkeliling Jawa hingga Madura dan Bali. Dan agaknya Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya pun menjumpai berbagai tautan dari kampung warna-warni yang lain, diantaranya pada Lubuk Linggau: https://travel.detik.com/domestic-destinations/d-3482361/bukan-malang-ini-kampung-warna-warni-di-lubuklinggau dan Kota Semarang jawa Tengah: http://www.kompasiana.com/wahyu_sapta/kampung-pelangi-jadikan-semarang-lebih-berwarna_590867a0b67e611e70d456c0 dengan Kampung Pelangi-nya. Perbedaannya dengan daerah lain, Kampung Pelangi Semarang ini sebelumnya tak jauh-jauh dari warna-warni juga karena terletak dekat area bebungaan Kalisari yang agaknya mirip dengan Pasar Bunga Kayoon Surabaya. Artikel lain bisa dibaca pada tautan berikut: http://www.boredpanda.com/rainbow-village-kampung-pelangi-indonesia/

Singkatnya, warna-warni akan tetap menarik hingga kapanpun tak peduli apa bangunannya. Karena di luar negeri kita mungkin menjumpai bangunan berwarna pula yang terkenal, seperti Kremlin Palace, Rusia: https://www.askideas.com/40-most-beautiful-moscow-kremlin-russia-pictures-and-images/ atau Cinque Terre di Italia: https://www.lonelyplanet.com/italy/cinque-terre. Serta masih banyak sekali yang menggunakan tema 'warna-warni' untuk banyak bangunan dan objek ini: https://www.facebook.com/pg/designdautore/photos/?tab=album&album_id=424341447605918. Tak peduli mana yang menjadi acuan dan inspirasi, nampaknya warna-warni akan menjadi favorit banyak orang. Dan tak hanya anak TK saja yang gedung sekolahnya dibuat warna-warni karena dunia penuh warna ternyata juga bisa dinikmati oleh orang dewasa. Bahkan, ada buku mewarna khusus dewasa pula kan? ^_^
 
 
 
***
Keterangan gambar: Kampung Wisata Jodipan yang nyaris digusur, Malang. sumber:commons.wikimedia.org/Yoshua Renaldo